Sabtu, 31 Desember 2016

MANUSIA DAN CINTA KASIH

“MANUSIA DAN CINTA KASIH”



DISUSUN OLEH:
RISKA TAMARA - 16216481
KELAS: 1EA22 

UNIVERSITAS GUNADARMA
2016/2017



A.  Pengertian Manusia

   Secara bahasa manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain, oleh karna itu manusia senantiasa membutuhkan interaksi dengan manusia yang lain.

   Mausia diciptakan untuk saling bersosialisasi dan berinteraksi dan juga saling membantu dalam kehidupan, karana manusia membutuhkan orang lain dalam kehidupan.

   Seorang antropologi indonesia yaitu Koentjaraningrat,
menyatakan bahwa masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat terus menerus, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

B.   Pengertian Cinta Kasih

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian cinta kasih. Menurut kamus umum bahasa indonesia karangan W.J.S purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka kepada atau rasa sayang kepada, ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertariknya hati. Sedangkan, kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.
Cinta bisa dibina secara baik apabila ada 4 unsur yaitu:
1.    Pengasuhan
2.    Tanggung jawab
3.    Perhatian
4.    Pengenalan


   Cinta adalah perasaan suka terhadap makhluk hidup (manusia). Sedangkan kasih adalah perasaan kasih atau belas kasih terhadap manusia . jadi cinta kasih dapat diartikan suatu perasaan manusia yang berdasar pada keterkaitan antar-manusia dengan disadari pyla rasa belas kasih.

Victor Hago, menyimpulkan“mati tanpa cinta sama halnya dengan mati dengan penuh dosa”. Dan Erich Fromm dalam bukunya menyebutkan,“cinta itu yang paling utama adalah memberi, bukan menerima. Yang paling penting dalam memberi adalah hal-hal yang sifatnya manusiawi,bukan materiil. Yang merupakan ungkapan paling tinggi dari kemampuan”. Cinta dapat berlangsung sesaat, tetapi rasa kasih sayanglah yang akan menuntun dan melanjutkan seseorang untuk mengetahui apa itu arti cinta yang sesungguhnya. Setiap orang memang mempunyai pengertian cinta yang berbeda, terganttung individual itu sendiri yang mengalami suatu kejadian atau pengalaman yang ia alami.

Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono juga mengemukakan pendapat bahwa cinta juga memiliki 3 unsur yaitu, :
1.    Ketertarikan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia.
2.    Keintiman adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak,ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.
3.    Kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak bertemu, adanya ungkapan rasa sayang dan seterusnya.

Dalam ajaran agama islam trutama yang dijelaskan dalam Al-Qura’an, cinta memiliki beberapa pengertian.
1.  Cinta Rahmah, cinta penuh kasih sayang, lembut, rela berkorban dan siap melindungi.
2.  Cinta Mawaddah, cinta yang menggebu-gebu atau cinta yang membara
3.  Cinta Mail, cinta yang hanya bersifat sementara, sehingga seseorang tersebut ingin meminta perhatian dari banyak orang lain sehingga hal-hal ini cenderung kurang diperhatikan. Contohnya adalah poligami (ketika kita sedang jatuh cinta kepada yang lebih muda, yang tua (lama) tidak diperhatikan lagi).
4.  Cinta Shobwah, cinta yang mendorong prilaku menyimpang tanpa sanggup mengelak cinta sejenis ini sering dikatakan cinta buta.
5.  Cinta Kulfah, perasaan cinta yang disertai kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positif, meski itu sulit untuk dijalani.
   Dalam ajaran agama islam, sebenarnya cinta tidak diperbolehkan, karna belum muhrim belum boleh mencintai dan memiliki lawan jenis sebelum menikah. Pacaran pun sebenarnya dilarang. Dalam ajaran agama islam, cinta yang dimaksudkan adalah cinta terhadap Allah Swt, cinta terhadap orang tua , cinta terhadap sesama manusia, cinta terhadap sesama makhluk ciptaan nya.

C.  Pengertian Kasih Sayang

Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta.
Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang misalnya unsur tanggung jawab maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran terancamlah kebahagian rumah tangga itu.
Kasih sayang dasar komunikasi dalam suatu keluarga komunikasi antar anak dan orang tua, pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya.pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua.suatu hubungan yang harmonis akan terjadi secara timbal balik antar orang tua dan anak.
Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

D.  Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata dasar “mesra” yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan akrab baik antara pria-wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih  sayang yang telah mendalam. Kemesraan dapat menimbulkan daya aktivitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya. contohnya lukisan seni budaya itu mengandung nilai-nilai kehidupan, moral pelakunya, kebobrokan social, ketidak adilan, dan sebabainya.







DAFTAR PUSTAKA

Arifin Zainal. 2012. Ilmu Budaya Dasar, Makasar; Anugrah mandiri.
Buku Ilmu Budaya Dasar karya Drs. Djokowidagdo, dkk.

Widyo Nugroho dan Achmad Muchji. Ilmu Budaya Dasar, Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar