Sistem Informasi Global, Riset Pemasaran, Teknik Analisis Riset Pasar Internasional, Segmentasi Pasar Global, dan Menentukan Posisi Produk di Pasar Global
Sistem Informasi
Global
Sistem informasi global adalah sebuah
sistem dari jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara. Definisi lain
dari Sistem Informasi Global adalah sebuah sistem perangkat keras dan perangkat
lunak yang digunakan untuk penyimpanan, pengambilan, pemetaan dan analisis data
geografis.
Dari segi definisi penggunaan Sistem
informasi global adalah sistem informasi yang berbasis komputer yang melintasi
batas batas negara dimana perusahaan multinasional dengan sistem tersebut bisa
mengintegrasikan seluruh kegiatan perusahaan seperti penyusunan strategi,
pelaksanaan operasi antara perusahaan induk dengan perusahaan cabangnya bahkan
yang di mana perusahaan cabangnya telah tersebar di berbagai negara lainnya.
Riset Pemasaran
1.
Pengertian
Riset
pasar merupakan sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset
pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga
mengetahui para pesaing bisnis. Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan
oleh pasar dan juga pesaing yang ada dapat membuat produk ataupun jasa yang
sesuai dengan pasar dan dapat membuat produk atau jasa dapat bersaing di
pasaran.
2.
Tujuan riset
pemasaran:
a.
Menganalisis
Pasar
Riset
analisis pasar membantu memperhitungkan potensi pasar untuk produk, jasa atau
usaha baru. Analisis pasar dapat memberikan informasi mengenai calon pelanggan,
pasar potensial, lokasi usaha dan pesaing.
b.
Menganalisis
Tanggapan Pasar Terhadap Suatu Produk Atau Jasa
Analisis
ini dimaksudkan untuk memperhitungkan potensi produk atau jasa di pasar.
Pengkajian bisa dilakukan sebelum suatu produk diperkenalkan. Survei juga bisa
dilakukan untuk meningkatkan pemasaran atau produk.
c.
Menganalisis
Efektivitas Iklan Atau Promosi Dan Perusahaan
Riset
ini membantu pemilik perusahaan untuk menyeleksi media periklanan yang paling
efektif dan paling cost-effective.
d.
Menyusun
Strategi
Pengkajian
perencanaan strategis melacak pertumbuhan atau kemerosotan pasar-pasar yang
sudah ada dan membantu menemukan produk-produk atau jasa-jasa apa yang akan
sukses dalam pasar tersebut, riset perencaan strategis biasanya dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan yang sudah mapan.
3.
Contoh riset
pemasaran:
a.
Riset tentang
barang Produksi
Perekonomian
suatu Negara dikatakan berorentasi pada pembeli/langganan, apabila para
langganan mempunyai banyak elternatif barang produksi untuk dipilih/dibeli.
Sehingga dengan demikian pihak produsen agar bertahan untuk hidup harus
memprodusir mutu jenis barang yang memenuhi keingginan para langgananya sebagai
anggota masyarakat.
b.
Macam-macam data
pemasaran dalam menetukan kebiajakan produksi
Banyak
sekali data tentang pemasaran yang diperlukan oleh pimpinan suatu perusahaan
sebagai dasar untuk membuat kebijaksanaan di dalam bidang produksi, baik
mengenai teknik berproduksi maupun penyaluran kepasar-pasar.
c.
Analisa Pasar
Analisa pasar
adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Yang dimaksud dengan
potensi pasar ialah suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk menyerap
barang produksi. Perkiraan tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk fisik atau
dalam jumlah mata uang, atau bisa juga dalam bentuk persentase.
Teknik Analisis
Riset Pasar Internasional
1.
Analisis pola
permintaan.
Pola
pertumbuhan industry dapat membantu pemahaman mengenai permintaan pasar.
2.
Pengukuran
elastisitas pendapatan.
Elastisitas
pendapatan menguraikan hubungan antara permintaan akan barang & perubahan
dalam pendapatan.
3.
Perkiraan dengan
analogi.
Perbandingan
lintas bagian dengan mengasumsikan bahwa terdapat analogi antara hubungan suatu
factor dengan permintaan produk atau komoditi tertentu dalam 2 negara. Menggeser
urutan waktu kejadian: jika data tersedia di 2 pasar dengan tingkat
perkembangan yang berbeda.
4.
Analisis
perbandingan. Ada 3 kategori dasar :
·
Perbandingan
nasional, baik intra perushaan maupun antar perusahaan.
·
Perbandingan
dalam perusahaan lintas nasional.
·
Perbandingan
didasarkan pada pasar nasional subnasional.
5.
Analisis
kelompok / cluster analysis
Tujuannya
adalah membagi-bagi beberapa ariabel ke dalam kelompok-kelompok untuk
memaksimalkan persamaan dalam kelompok & perbedaan antar kelompok.
6.
Indeks factor
berganda / multiple factor index.
Analisis
regresi.
Segmentasi Pasar
Global
Segmentasi pasar global didefinisikan
sebagai proses mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan potensial pada
tingkat nasional maupun sub nasional yang kianya mempunyai persamaan tingkah
laku dalam membeli. Sekarang ini, para
agen periklanan & perusahaan global cenderung mensegmentasikan pasar dunia berdasarkan
pada beberapa kriteria kunci:
1.
Demografis
Didasarkan pada karakteristik populasi yang dapat
diukur ari seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan & pekerjaan.
2.
Psikografis
Proses pengelompokan orang dalam arti sikap, nilai-nilai
yang dianut, dan gaya hidup idealis, materialis, tradisional.
3.
Karakteristik
tingkah laku & manfaat yang dicari.
Tingkah laku: memfokuskan pada apakah orang akan
membeli & menggunakan suatu produk atau tidak, disamping seberapa sering
& berapa banyak yang dipakainya. Konsumen dapat dikategorikan menurut
tingkat penggunaan, mis: pengguna berat, sedang, ringan, bukan pengguna. Atau
menurut status pengguna, mis: pengguna potensial, bukan pengguna, mantan
pengguna, pengguna regular, pengguna pertama kali, dan pengguna produk pesaing.
Manfaat yang dicari: manfaat yang
ditawarkan suatu produk tanpa memperdulikan wilayah geografisnya.
Menentukan Posisi
Produk di Pasar Global
Pemasaran menentukan posisi yaitu suatu
proses yang dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu citra dibenak
konsumen relative, terhadap citra produk yang ditawarkan oleh pesaing.
Ø Menentukan posisi teknologi tinggi (Hi-tech Positioning)
Komputer pribadi, video & peralatan stereo,
serta mobil merupakan contoh kategori produk dengan menentukan posisi teknologi
tinggi terbukti efektif. Produk seperti ini sering kali dibeli atas dasar sifat
–sifat produk yang konkret walaupun citra mungkin juga penting. Pembeli
biasanya sudah mempunyai atau berkeinginan memperoleh informasi teknis yang
cukup banyak. Dibagi 3:
1.
Produk teknis:
computer, bahan kimia. Contoh produk yang pembelinya mempunyai kebutuhan
tertentu, perlu banyak informasi serta mempunyai bahasa yang sama. Mis: pembeli
computer di Eropa & Amerika mempunyai pengetahuan yang setara mengenai
mikroprosesor 486, hard dis 80 mega, 8 mega RAM.
2.
Produk untuk
peminat khusus. Produk ini tidak terlalu teknis & lebih berorientasi pada
waktu luang atau rekreasi, mempunyai karakteristik pengalaman yang serupa &
keterlibatan pengguna yang tinggi. Bahasa yang sama & symbol yang berkaitan
dengan produk seperti itu dapat mengatasi hambatan bahasa & budaya. Peralatan
olah raga adidas, kamera Canon, contoh produk untuk peminat khusus yang sukses.
3.
Produk yang
dapat ditunjukkan kegunaannya. Produk yang berbicara untuk dirinya sendiri
dalam iklan sifat & dan manfaatnya juga berjalan dengan baik. Kamera instan
Polaroid merupakan contoh produk global yang dapat ditunjukkan kegunaannya
& amat sukses.
Ø Menentukan posisi sentuhan canggih (Hi-touch positioning)
Kurang memerlukan penekanan pada informasi khusus
& lebih menekankan pada citra. Pembeli produk sentuhan canggih juga
mempunyai bahasa yang sama & sekumpulan symbol yang berkaitan dengan tema
kesejahteraan, materialism, & romantisme. Ada 3:
1.
Produk yang
memecahkan masalah umum.
Kategori
ini menyediakan manfaat yang berkaitan dengan moment kecil dalam kehidupan.
Iklan yang menayangkan percakapan diantara teman di kafe sambil minum secangkir
kopi atau menghilangkan dahaga dengan minuman ringan disiang hari ditepi pantai
menempatkan produk dipusat kehidupan sehari-hari & mengkomunikasikan manfaat
yang ditawarkan dengan cara yang dipahami diseluruh dunia.
2.
Produk desa
global.
Wangi-wangian
chanel, pakaian mode pendesain, air mineral & pizza merupakan contoh baik
dari produk yang mempunyai posisi alami kuat diseluruh dunia. Dalam pasar globalproduk
mungkin mempunyai daya tarik global hanya berdasaarkan pada Negara pembuatnya.
Ke-Amerika-an dari Levis, Marlboro, & Harley-Davidson. Sony merupakan nama
yang sinonim dengan mutu Jepang, Mercedes merupakan perwujudan insinyur Jerman
yang legendaries.
3.
Produk yang
menggunakan tema universal.
Beberapa tema
iklan & daya tarik produk dipikirkan cukup mendasar sehingga benar bersifat
transnasional. Tema tambahan adalah materialissme (kunci untuk citra oang kaya
& status), kepahlawanan (tema termasuk individu sederhana atau pengorbanan
diri) bermain (waktu luang/rekreasi) & prokreasi (citra masa pacaran &
romantisme)
Perlu dicatat bahwa beberapa produk
dapat diposisikan dengan lebih dari 1 cara. Misal: camera canggih dapat
diklasifikasikan à produk teknik & untuk peminat khusus. Produk lain
mungkin diposisikan dalam mode bi-polar artinya sebagai produk berteknoloogi
tinggi sekaligus sentuhan canggih.
Referensi
https://students.warsidi.com/2017/06/sistem-informasi-global-dan-penerapannya-oleh-perusahaan-multinasional.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar